Bogor (19/6). Ketua Umum DPP LDII Ir. KH. Chriswanto Santoso, M.Sc me-launching kader Generasi Muda Indonesia Bela Lingkungan (Gemilang) dalam Webinar “Penanganan Sampah Domestik Dalam Lingkungan Hidup Rumah Tangga di Masa Pandemi Covid-19 Demi Pemulihan Lingkungan dan Kelestarian Sumber Daya Alam,” pada Sabtu, 19 Juni 2021. 

Cicilia Sulastri, SH., M.Si., Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan, BP2SDM, KLHK mengapresiasi launching kader Gemilang LDII. “Peran LDII di dalam program Gemilang ini yang tentunya kami harapkan, sesuai dengan tugas pokok fungsi dari Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan,” ujarnya. 

Untuk itu, Cicilia mengimbau pada kader Gemilang untuk meningkatkan pengetahuan mengenai lingkungan melalui berbagai media, melakukan kampanye perilaku ramah lingkungan melalui media sosial, dan membuat jejaring komunikasi dengan instansi. “Kader Gemilang dapat melakukan inisiasi aksi milenial bidang lingkungan, khususnya pengembangan sirkuler ekonomi bidang lingkungan,” jelasnya. 

Program Gemilang sendiri memiliki tujuan untuk mendorong agar lembaga masyarakat dan komunitas dapat melakukan gerakan dibidang lingkungan hidup dan kehutanan yang melibatkan sebanyak mungkin warga masyarakat, berkelanjutan, bersinergi satu sama lain, dapat membantu mengatasi masalah lingkungan hidup dan kehutanan di daerahnya dan terukur hasilnya atau dampaknya. 

“Meningkatkan peran aktif/nyata lembaga masyarakat dan komunitas dalam melakukan gerakan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan,” ulas Cicilia. 

Secara sederhana, Cicilia mencontohkan gerakan yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk menjaga lingkungan adalah dengan menggunakan air dan listrik sesuai dengan keperluan, jangan membuang sampah sembarangan, pilah dan kelola sampah dari rumah/sekolah, hindari plastik sekali pakai dan belanja menggunakan tas daur ulang. 

“Makan dan minum sampai habis, menanam dan memelihara pohon, mencintai flora dan fauna, dan mengikuti berbagai aksi di bidang lingkungan,” ungkapnya.(fredi/lines)