Laut merupakan 71% bagian dari planet ini dan menyediakan banyak layanan bagi manusia. Mulai dari mengurangi cuaca ekstrem hingga menghasilkan oksigen yang kita hirup. Dari memproduksi makanan yang kita makan hingga menyimpan kelebihan karbon dioksida yang kita hasilkan.
Namun, efek peningkatan emisi gas rumah kaca mengancam ekosistem pesisir dan laut melalui perubahan suhu laut dan menciptakan es, yang memengaruhi pengaruh laut, pola cuaca, dan permukaan laut.
Bertepatan dengan hari laut sedunia, perlunya kita kembali sama-sama merenungkan perlunya menjaga alam, baik yang ada di daratan maupun di lautan. Agar bumi kita lestari dan berumur panjang. Sangat mengkhawatirkan dengan apa yang terjadi pada lingkungan saat ini, pembakaran hutan secara liar untuk pembebasan lahan, perburuan hewan langka untuk kepentingan pribadi, yang tanpa disadari itu dapat memberikan kerugian terhadap manusia. Hal itu bisa menyebabkan kurangnya pasokan oksigen untuk makhluk hidup yang akhirnya manusia bisa segera punah untuk beberapa generasi ke depan.